Macam-Macam Festival dan Makanan Khas di Jepang

Halo learners Gorgeous!

Tau kah kalian bahwa Jepang terkenal sebagai negara yang memiliki beragam festival atau acara tahunan yang menakjubkan? “Matsuri” yang berarti JEPANG FESTIVAL. Festival-festival nya sangat beragam dan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Biasanya sebuah matsuri disponsor oleh local shrine/ temple dan diorganisasi oleh komunitas/ masyarakat daerah setempat. Matsuri kadang-kadang diartikan sebagai acara adat yang sudah terbiasa dilaksanakan oleh masyarakat local. Itu merupakan sebuah tradisi yang harus diselenggarakan setiap tahunnya.
Rasanya pasti sayang sekali bila kalian melewatkan ini, karena bagi wisatawan asing, itu semua mungkin merupakan hal yang baru dan hal yang ingin diketahui, tidak seperti warga Jepang yang sejak kecil sudah akrab dengan macam-macam festival seperti ini.

1. GION MATSURI (KYOTO)
GION MATSURI merupakan street festival yang paling terkenal di Jepang. Biasanya diselenggarakan di awal bulan sampai akhir bulan July. Puncak dari festival ini dinamakan “YAMABOKO JUNKO” yang dilaksanakan pada tanggal 17 July dan 24 July yang ditandai dengan prosesi iring-iringan beberapa kereta berbentuk rumah adat Jepang (terbuat dari kayu) yang dilengkapi dengan 4 roda, dinaiki dan didorong oleh masyarakat yang berpartisipasi. Masyarakat tersebut juga mengenakan pakaian tradisional kimono dan lengkap dengan aksesorisnya seperti: samurai, kipas tangan serta topi segitiga. Festival ini biasanya diadakan di Jalan Kawaramachi dan Oike, Kyoto.

2. AWA ODORI (TAKASHIMA)
Ini merupakan festival tari terbesar di Jepang yang diadakan setiap tanggal 12 Agustus – 15 Agustus setiap tahun. Masyarakat yang terdiri dari pria, wanita dan anak-anak sangat antusias mengikuti festival ini dan biasanya diselenggarakan di sepanjang jalan Kota Tokushima. Para masyarakat yang berpartisipasi akan mengenakan baju kimono katun lengkap dengan topinya. Lebih dari jutaan orang berkumpul dan menyempatkan diri untuk menari bersama. Kamu juga boleh ikutan lho!

3. KANDA MATSURI (TOKYO)
Kanda Matsuri merupakan salah satu festival perayaan agama Shinto yang terkenal di Tokyo, diadakan pada pertengahan bulan May setiap tahun. Festival ini biasanya diselenggarakan di Kuil Kanda Myojin. Para masyarakat beramai-ramai melakukan doa bersama di pagi hari, setelah itu mereka beriring-iringan mendorong “Mikoshi”; sebuah kuil portable berukuran besar yang dipindahkan dari satu kuil ke kuil lainnya. Parade ini berlanjut di sepanjang daerah Kanda, Nihonbashi dan Akibahara, Tokyo. Dan kembali ke kuil di sore hari.


4. SUKI MATSURI, SNOW FESTIVAL (SAPPORO)
Festival Suki diselenggarakan pada bulan February setiap tahun. Asal mula festival ini terjadi pada saat 6 murid local membangun patung-patung yang terbuat dari es di tahun 1950. Sekarang festival Suki Matsuri menjadi kontes internasional patung es raksasa di Kota Sapporo.

5. NEBUTA MATSURI (AOMORI)
Festival Nebuta diadakan pada tanggal 2 Agustus – 7 Agustus setiap tahun. Nebuta adalah lantern raksasa berbentuk figure orang-orangan, seperti pendekar jepang. Festival ini diselenggarakn pada sore sampai malam hari di sepanjang jalan Kota Aomori. Para masyarakat beramai-ramai mendorong lantern Nebuta dan diikuti dengan iringan permainan alat music tradisional & tarian-tarian khas Jepang.

6. KISHIWADA DANJIRI MATSURI (KISHIWADA, OSAKA)
Festival Kishiwada Danjiri diselenggarakan di Kota Kishiwada, Osaka. Diadakan pada pertengahan bulan September. “Danjiri” merupakan kereta dorong yang terbuat dari kayu dan beratnya bisa mencapai kebih dari 3,000 kg. Festival Kishiwada Danjiri adalah festival yang dapat membuat orang terkejut. Masyarakat yang berpartisipasi biasanya menarik-narik kereta beroda empat tersebut dengan sangat cepat dan pemimpin pasukan melompat-lompat, menari dan melakukan atraksi di atas kereta kayu.

7. TENJIN MATSURI (OSAKA)
Tenjin Matsuri merupakan festival yang didukung oleh Kuil Tenmangu di Osaka dan biasanya diadakan pada tanggal 24 – 25 July setiap tahun. Bagian yang sangat penting terjadi pada hari ke dua di mana dilakukan arak-arakan di jalan dan sungai. Para masyarakat mengenakan pakaian tradisional kimono dan beramai-ramai menaiki perahu ke sungai. Puncak festival ini ditandai dengan pertunjukkan kembang api yang sangat cantik. Para masyarakat dapat menyaksikan kembang api dari jembatan dan tepi sungai.

8. KOCHI YOSAKOI (KOCHI)
Festival Kochi Yosakoi terjadi pada tahun 1954 di mana masyarakat local menciptakan tarian Yosakoi Naruko. Festival terkenal ini diselenggarakan di pertengahan bulan Agustus setiap tahun. Tarian ini selalu diiringi lagu-lagu daerah/ rakyat masyarakat setempat yang berjudul Yosakoi Bushi. Para masyarakat yang ikut serta menari dengan girangnya dan mereka biasanya membawa tepukan tangan yang terbuat dari kayu. Tepukan tersebut menghasilkan bunyi klik-klak yang membuat festival Kochi semakin meriah.

9. TANABATA MATSURI (MIYAGI)
Festival Tanabata diadakan pada tanggal 6 Agustus – 8 Agustus di Kota Dendai, Miyagi. Ini merupakan sebuah festival yang berdasarkan legenda China tentang 2 bintang, yaitu: Altair dan Vega. Pada saat festival ini berlangsung, para pengunjung dapat menyaksikan kertas dekorasi besar berwarna-warni yang menghiasi jalan.

10. HAKATA DONTAKU MATSURI (FUKUOKA)
Hakata Dontaku Matsuri diselenggarakan pada tanggal 3 May – 4 May setiap tahun di Kota Fukuoka. Masyarakat dari kalangan anak-anak, remaja bahkan usia lanjut sangat antusias dan menyempatkan diri untuk berpartisipasi di dalam acara tersebut, seperti: pawai, parade-parade, marching band dan tarian-tarian di jalan raya. Festival ini dapat diikuti oleh semua warga negara yang menetap di Jepang dan tujuannya adalah untuk memerkan kebudayaan unik dari setiap Negara yang berpartisipasi. Pakaian-pakaian yang mereka kenakan juga sangat beragam dan berwarna-warni.

Seru2 banget kan learns? Selain festival nya yang menarik, kalian juga harus mencicipi beberapa kuliner khas Jepang lainnya learns!

Urusan makanan mungkin menjadi salah satu hal yang perlu kalian perhatikan. Jika sedang berada di daerah yang tidak ada sama sekali restoran halal, maka apa yang harus kalian makan? Kali ini aku akan share beberapa rekomendasi makanan khas Jepang, yang aman dimakan bagi muslim, dan mungkin bisa jadi alternatif kamu saat berpetualang di Jepang.

- Udon
Makanan jepang satu ini dapat kamu temukan dimana-mana. Warungnya kerap kali berada dekat sekali dengan stasiun, bahkan beberapa warung dapat kamu temukan di dalam stasiun. Mie yang berwarna putih dan berbentuk tebal ini bahan bakunya adalah tepung gandum, air dan garam. Biasanya udon disajikan panas maupun dingin. Jika musim dingin udon disajikan hangat, tetapi saat musim panas udon yang disajikan dingin sangat populer di Jepang.
Kamu juga bisa menambahkan topping seperti tempura udang dan sayuran lainnya. Biasanya juga dihidangkan dengan bakso ikan, rumput laut, dan sedikit irisan daun bawang.

- Tempura dan Tendon
Tempura bisa jadi makanan favorit kamu saat berada di Jepang. Karena tempura merupakan makanan goreng-gorengan tepung, maka masakan ini mendekati makanan Indonesia, yang mayoritas gorengan. Biasanya isi dari tempura yaitu udang, daun green bell, cumi, terong, ubi, kentang, wortel, jamur, shisho (perilla) dan labu Jepang.
Ditaburi dengan saus dan wijen, Tendon merupakan beragam tempura yang diletakkan di atas nasi hangat. Ditambah topping telur, hidangan satu ini dijamin akan membuatmu ketagihan!

-Sushi
Sushi merupakan, satu dari beragam makanan khas Jepang. makanan ini juga paling dikenal dan sangat populer di seluruh dunia. Di Indonesia pun restoran sushi gampang sekali ditemukan, tapi sayang bukan kalau ke Jepang tidak mencicipi sushi dengandaging ikan segar langsung dari negara khasnya?
Komposisi makanan sushi di Jepang adalah segala hasil laut seperti tuna, salmon, udang, ada pula belut yang biasa disebut unagi. Disajikan di atas nasi yang ukurannya seukuran satu kali lahap, kamu bisa menikmati cita rasa Jepang dengan unsur budaya di dalam tiap hidangan sushi.

-    Onigiri
Onigiri adalah makanan yang sering dimakan sehari-hari di Jepang. terbuat dari nasi yang dikepal, diberi garam sehingga rasanya gurih. Di dalam nasinya biasanya diisi dengan tuna yang sudah diisi dengan mayonnaise, atau salmon, udang, ayam, asinan plum, atau apa saja sesuka hati.
Kamu bisa menemukan makanan satu ini dengan sangat mudah di toko-toko waralaba, atau di Jepang disebut dengan Konbini. Berbagai macam onigiri bisa kamu temukan, termasuk onigiri nasi goreng ala Jepang! tapi hati-hati dalam membaca komposisinya, ya. Jika kamu menemukan kanji 「豚」ini merupakan kanji untuk ‘babi’, dan sebaiknya kamu hindari dan pilih rasa onigiri yang lain.

-    Soba
Soba adalah mie yang berbahan baku dari gandum hitam. Ukuran soba lebih kecil dan lebih tipis dibandingkan dengan udon. Dengan tekstur lebih kasar, soba biasanya disajikan hangat atau dingin sesuai dengan permintaan pelanggan. Biasanya restoran udon juga menjual soba, dan begitu sebaliknya. Komposisi dalam mie soba ini adalah daun bawang, saus celupan atau sering disebut shoyu, dan wasabi, sambal dari Jepang yang berasal dari tanaman bernama wasabi.
Selain soba celup, ada juga soba yang sudah berkuah dan biasanya ditambahkan topping tempura udang, sayuran, juga daun bawang sebagai pelengkap.

-    Shojin Ryori
Bagi kalian yang juga vegetarian, di Jepang terdapat menu masakan yang bernama Shojin Ryouri. Makanan ini merupakan masakan yang biasa dimakan oleh para biksu dan pengikut Buddha.
Masakan ini 100% tidak ada terdapat daging, tidak ada ikan, bawang dan akar tumbuhan lain yang menyebabkan tumbuhan itu mati. Sebagian besar komposisi dari Shojin Ryouri yaitu kacang-kacangan dan buah-buahan.
Jadi, setidaknya kalian bisa memiliki pilihan makanan lain saat kalian tidak menemukan restoran halal di jepang. Sekaligus, kalian dapat mencicipi hidangan khas Jepang yang lezat dan memiliki nilai historis!

Bikin mupeng kan? yuk buat kalian yang ingin berlibur ke Jepang Let's booking your trip holiday in HIS! Karena, H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, bukan hanya Jepang saja loh learns, HIS memiliki berbagai macam Optional Tour untuk menjadi pilihan liburan kaliann dan pastinya HIS siap memberikan pelayanan terbaik kepada kalian. Tunggu apa lagi..Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

Untuk info lebih lanjut kalian bisa cekidot disini yaa learns!
Dan untuk info uptodate info tips-tips kecantikan dan fashion, kalian bisa cekidot disini..

See you my next blog💖

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.